Peluang usaha rumahan modal dibawah 5 juta - Laundry

G-Mix HydroShop 09.22
Salam Pengusaha,

Kali ini saya mencoba membahas peluang usaha rumahan dengan modal di bawah 5 juta rupiah, yaitu Laundry Kiloan, setelah beberapa waktu berdebat panjang lebar mengenai ide beberapa jenis usaha termasuk kesulitan dan kemudahan menjalankan usaha tersebut dengan beberapa orang teman yang terbilang sukses menjalankan beberapa usaha sekaligus, akhirnya kami menyusun beberapa ide usaha yang akan saya sharing di beberapa post kedepan hanya untuk anda.

Dari beberapa website yang membahas bisnis rumahan ini, kita bisa menyimpulkan prospek pasar dari bisnis ini masih sangat terbuka terutama di daerah-daerah pabrik, kampus maupun perumahan dimana hampir semua penduduknya memiliki kesibukan sehingga hampir tidak ada waktu untuk mencuci pakaian dengan benar-benar bersih, ditambah dengan kebiasaan orang-orang pada saat sekarang ini yang maunya serba cepat dan mudah, dengan biaya murah.

ANALISA USAHA RUMAHAN LAUNDRY KILOAN

Jika anda berminat untuk memulai usaha ini tidak ada salahnya melihat hasil dari hitung-hitungan kasar kami, untuk informasi awal anggap saja hanya menerima mencuci pakaian saja tanpa karpet, selimut ataupun boneka dengan biaya per 1 kg nya Rp. 5.000,- dan kami anggap sehari minimal pencucian bisa mencapai 40 kg maka :

40 x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp. 6.000.000

Dan perkiraan pengeluaran kasar yang dikeluarkan dengan daya listrik 2200 Watt, untuk 2 Mesin cuci bukaan atas merk biasa, 2 Setrika Uap, 2 Mesin pengering listrik.

1. Biaya listrik sebulan                                          Rp.    300.000
2. Detergen, Pewangi Pakaian                             Rp.    400.000
3. Karyawan bagian mencuci pakaian                Rp.    500.000
4. Karyawan bagian setrika pakaian                   Rp.    500.000
5. Lain-lain (kertas, Stok service, Extra cost)      Rp.    300.000  
6. Kontrakan                                                           Rp.    500.000
Total Perkiraan Pengeluaran                          Rp. 2.500.000

Pendapatan bersih anda sekitar                   Rp. 3.500.000

Itu pendapatan kasar anda, diluar cuci kilat, cuci instant, karpet, selimut, bed cover, boneka maupun dry cleaning biasanya tidak dihitung perkilo tapi dihitung dengan paket harga tertentu.

PERALATAN YANG DIPERLUKAN

Jika anda akan memulai sebuah usaha di bisnis mencuci, dan tentunya membutuhkan beberapa peralatan yang dapat membantu mempermudah kerja anda.

1. Mesin Cuci

Ada beberapa mesin cuci yang biasa dipergunakan untuk Laundry yaitu mesin bukaan atas dan mesin bukaan depan, dengan segala kelebihan dan kekurangan, mengingat budget awal usaha ini hanya 5 juta saja kami anggarkan sekitar 2 juta untuk mesin bukaan atas yang cukup banyak tipenya di pasaran dengan kualitas yang terbaik yang bisa didapat, ada beberapa merk tertentu yang otomatis, cukup memasukkan pakaian, air dan sabun akan dialirkan secara otomatis, jadi anda bisa meninggalkan urusan mencuci ke mesin dan bisa mengerjakan proses lainnya.
Mesin-Cuci-Bukaan-Atas-Peluang-Usaha-Laundry-Rumahan
Mesin bukaan atas
Sumber gambar pasarlaundry.com



2. Mesin Pengering Pakaian

Pengering-Pakaian-Listrik-Usaha-Laundry-Rumahan
Mesin Pengering Pakaian Listrik
Sumber gambar : pasarlaundry.com



Dari hasil browsing ke sana-kemari ada beberapa tipe pengering yang bisa didapatkan dipasaran indonesia mulai dari merk ternama sampai merk pabrikan yang sangat asing ditelinga, namun ada beberapa mesin buatan anak negeri yang harganya pas sekali di kantong tapi dengan kualitas yang tidak kalah, bahkan ada yang menggunakan listrik, gas dan infra merah yang tentunya amat menghemat biaya operasional, silahkan mencari sendiri untuk tipe tersebut saya hanya bisa menginformasikan harganya per mei 2015 hanya Rp. 1.100.000 saja untuk kapasitas 7 Kg dengan listrik sebesar 300, 600 dan 900 watt....selamat mencari.

3. Mesin Setrika

Setrika-Uap-Usaha-Rumahan-Laundry
Setrika Uap
Sumber gambar : mayapadaelectronic.blogspot.com


Setrika ini yang biasa digunakan untuk merapihkan pakaian setelah dikeringkan, ada 2 macam mesin yang biasa digunakan, setrika listik dan setrika uap, masing-masing ada keunggulan maupun kekurangan seperti setrika listrik yang memiliki harga relatif lebih murah, namun memiliki kekurangan yang rasanya cukup fatal, bisa merubah struktur sablon karena terbuat dari karet sehingga bisa membuat kepala pusing mendengar komplainan pelanggan.
Sedangkan setrika uap yang memiliki harga lebih mahal justru lebih aman dalam penggunaannya, lebih licin dan cepat rapih, tapi lebih sulit penggunaannya, ditambah instalasinya yang cukup membuat repot jika tempat usaha anda memiliki ruangan yang terbatas untuk penggunaan boiler, tapi dari hasil browsing ke sana kemari ternyata banyak juga setrika uap yang simple dalam penggunaan, cukup memasukkan air ke dalam tabung nya dan nyalakan setrikaannya tanpa boiler alias menggunakan listrik juga sebagai energi pemanasnya tapi tetap ringan konsumsi dayanya yang hanya sekitar 300 watt saja, dan pilihan jatuh kepada mesin setrika uap bertenaga listrik tersebut dengan kisaran harga rp. 250.000 an saja.

Nah dari hasil diatas, didapat biaya yang dikeluarkan untuk modal alat-alat untuk Peluang Usaha Laundry Kiloan Rumahan sekitar :

1. Mesin cuci Rp. 2.000.000
2. Mesin pengering Listrik Rp. 1.100.000
3. Setrika Uap Tenaga Listrik Rp. 250.000

Modal awal hanya, Rp. 3.350.000 saja, masih ada sisa Rp. 1.500.000 yang bisa anda gunakan untuk membeli :
1. Rak kayu yang bisa dibuat sendiri, anda cukup membeli papan, paku dan kayu (Rp. 250.000).
2. Spanduk (Rp. 40.000/meter).
3. Kantung plastik dengan harga bervariasi, anda bisa membeli sedikit saja, dan bisa mencicil membeli setiap harinya.
4. Mencetak selebaran (Rp. 100/lembar). 
5. Bon pembayaran(Rp. 10.000/set) jika pesanan khusus dengan logo laundry anda.
6. Sabun, pembersih khusus, pewangi (Rp. 200.000)
7. Biaya kontrakan bulanan jika anda belum memiliki lokasi (Rp. 500.000).

Nah Sekian perkiraan biaya modal, biaya operasional dan estimasi keuntungan yang dapat anda peroleh jika menjalankan Usaha Rumahan Laundry Kiloan Modal kurang dari 5 Jutaan.




Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Get your price of titanium in 2021 - Tioga Arts
You'll titanium framing hammer get your price of titanium implant grade titanium earrings in nano titanium flat iron 2021 - Tioga Arts: a modern way to experience the benefits titanium cerakote of having a good starting point to citizen titanium watch practice.

Balas

Markup code on coment space
  • Write a comment related to article. active link coment, ads, etc will be deleted.
  • To insert a code please used <i rel="code"> your own code </i>
  • For longer code please used <i rel="pre"> your own code </i>
  • For quote please used <i rel="quote"> your note </i>
  • For inser a pict used <i rel="image"> your pict URL </i>
  • For insert video used [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Than parsed the code using this tool bellow
  • © 2015 Simple SEO ✔